Situs Resmi Desa Buahan
Logo

081246558552

  • Selamat Datang di Website Resmi Desa Buahan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli
Rabu Pon
Logo

I Wayan Suardi

Kepala Desa Buahan

"Om Swatiastu" Selamat Datang di Website Resmi Desa Buahan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli


Foto Galeri

Ritual Nyelung

LIHAT LAINNYA

Video Galeri

LIHAT LAINNYA

Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat Anda tentang Website Desa Buahan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli?

    Res : 14 Responden

Baca Artikel

Bupati Eka Safari Sosial ke Desa Tunjuk dan Buahan

Oleh : buahan | 27 November 2015 | Dibaca : 617 Pengunjung

Beritajalanan.com, Tabanan – Dalam mensukseskan Gerakan Pembangunan khususnya infrastruktur daerah menuju Tabanan Serasi, Bupati Tabanan gencar memonitoring keberadaan jalan-jalan desa. Kali ini orang nomor satu di Tabanan tersebut melakukan safari di dua desa di Kecamatan Tabanan, yakni Desa Buahan dan Tunjuk, Rabu (10/09/2014).

Di Desa Buahan. Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti melaksanakan berbagai kegiatan sosial. Diantaranya penyerahan bak sampah, penyerahan kursi roda, bedah warung, peninjauan balai banjar hingga memonitoring perangkat desa.Selain itu, Bupati Eka juga meresmikan Jalan Gerbang Indah Serasi (GIS) sepanjang 140 meter dengan lebar 4 meter. Dimana pembangunan jalan yang dilakukan secara gotong royong oleh masyarakat, menghabiskan anggaran sebesar Rp. 143 juta. Jalan ini merupakan jalan desa yang menghubungkan Desa Buahan dengan Banjar Beng Tunjuk, Tabanan.

Perbekel Desa Buahan I Ketut Sukanada mengungkapkan rasa terima kasihnya atas bantuan yang diberikan pemerintah. Dirinya berharap pembangunan jalan beton ini juga dapat dibangun kembali untuk menghubungkan Banjar Buahan Utara dengan Buahan Tengah. “Saya berharap kepada pemerintah untuk bisa memberikan pinjaman alat berat. Selain digunakan untuk membangun jalan, alat tersebut juga akan digunakan untuk membangun pembuatan lapangan voli,” ungkapnya.

Terhadap kunjungan yang dilakukan, baik itu peninjauan balai banjar ataupun kantor perbekel, Bupati berharap kepada perangkat desa untuk membenahi system administrasi yang ada. Selain itu, bupati Eka juga menghimbau kepada seluruh masyarakat, untuk melaksanakan usaha secara professional. Seperti kebersihan produk makanan, kemasan yang menarik sehingga produk yang dihasilkan tidak kalah dengan produk lainnya. “Meskipun produk kita produk desa, namun dengan kemasan yang menarik, produk kita bisa menembus pasar internasional,” harapnya.

Dirinya juga menyatakan, segala bentuk program desa akan dimasukkan ke dalam Bantuan Khusus Keuangan (BKK). Termasuk didalamnya adalah Badan Usaha Miliki Desa (Bumdes). Dengan harapan pembinaan dan hasil produk usaha dapat dikawal oleh Bumdes itu sendiri. “Bumdes akan memafasilitasi semua hasil usaha dari masyarakat. Pemasarannya tidak hanya di tingkat lokal, namun diharapkan pula hasil usaha ini menjadi souvenir bagi wisatawan,” jelasnya.

Dalam memberikan bantuan berupa kursi roda dan bak sampah, Pemerintah Kabupaten Tabanan juga menggandeng Yayasan Ekalawya Educare Foundation. Bantuan kursi roda langsung diserahkan Bupati Tabanan kepada I Wayan Seden (60) asal Banjar Buahan Selatan yang sejak lama mengidap kanker tulang. Tidak hanya kursi roda, I Wayan Seden yang tidak memiliki satu kaki itu juga mendapat santunan dari Bupati Tabanan.

Setelah melakukan penanaman pohon Bungan Sandat Serasi di Depan Pura Puseh Buahan, Bupati Eka beserta rombongan melepas lelah di Warung milik Bu Alit. Dimana warung milik Bu Alit itu merupakan hasil bedah warung yang dilakukan oleh Dinas Koperasi UKM dan Perindag Kabupaten Tabanan. Mereka mencicipi berbagai makanan khas bali, seperti tipat cantok dan laklak Bali.

Sementara untuk Desa Tunjuk. Bupati Tabanan juga meresmikan Jalan GIS sepanjang 650 meter. Jalan ini adalah jalan yang menghubungkan Tunjuk Kaja dengan Bongan Kapal, Tabanan. Selain itu Bupati Perempuan Pertama di Bali tersebut juga meninjau balai banjar dan SD N 1,2 dan 4 Tunjuk. Dirinya juga berjanji memberikan bantuan untuk perbaikan balai banjar dan sekolah.Terhadap peresmian jalan GIS, Bupati berharap keberadaan jalan ini mampu memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya untuk meningkatkan perekonomian. Dirinya berpesan kepada masyarakat untuk merawat jalan dengan baik, sehingga jalan yang kita bangun bersama memiliki umur yang panjang. Selain itu, Bupati juga melakukan penanaman pohon Bungan Sandat Serasi di depan Pura Desa Tunjuk.


Oleh : buahan | 27 November 2015 | Dibaca : 617 Pengunjung


Artikel Lainnya :

Lihat Arsip Artikel Lainnya :