Logo

081246558552

  • Selamat Datang di Website Resmi Desa Buahan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli
Jumat Pon
Logo

I Wayan Suardi

Kepala Desa Buahan

"Om Swatiastu" Selamat Datang di Website Resmi Desa Buahan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli


Foto Galeri

Ritual Nyelung

LIHAT LAINNYA

Video Galeri

LIHAT LAINNYA

Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat Anda tentang Website Desa Buahan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli?

    Res : 14 Responden

Baca Berita

Warga Buahan Tabanan Keluhkan Jalan Rusak

Oleh : buahan | 31 Oktober 2015 | Dibaca : 767 Pengunjung

SULUHBALI.CO, Tabanan – Fasilitas jalan di Tabanan yang dikeluhkan rusak tidak hanya jalan yang jauh dari wilayah kota. Beberapa ruas jalan yang masih tergolong dekat dengan kota juga bernasib sama. Seperti halnya jalan di Desa Buahan Tabanan. Jalan ini merupakan jalan lintas tengah antara kota Tabanan menuju batas utara kecamatan Tabanan, yakni Desa Tunjuk.

Kondisi jalan rusak ini dikeluhkan Kelihan Banjar Adat Tengah, Desa Buahan Tabanan I Komang Sutiawan. Menurutnya, jalan rusak di desa kelahirannya tersebut sudah terjadi lebih dari lima tahun. Artinya dalam kurun waktu tersebut, jalan ini belum tersentuh perbaikan.

“Jalan yang rusak di desa kami ini sudah terjadi lebih dari lima tahun,” sebutnya. “Akibatnya, kelancaran lalu lintas menjadi sangat terhambat,” jelasnya.

Tokoh masyarakat Desa Buahan yang memiliki panggilan akrab Pak Citra ini kemudian menyebutkan, akibat rusaknya jalan tersebut selain menghambat kelancaran lalu lintas, juga menjadikan jalur Desa Buahan-Desa Tunjuk ini sangat rawan dengan terjadinya kecelakaan. Beberapa kali diakuinya jalur ini mengakibatkan terjadinya kecelakaan yang mengakibatkan korban mengalami luka parah.

Sutiawan mengaku heran karena kerusakan jalan di desanya ini terbilang cukup lama. Ia kemudian membandingkan beberapa ruas jalan lainnya yang rusak akan diperbaiki. Seperti misalnya jalan yang menghubungkan Desa Celagi-Desa Tunjuk, Meliling-Jegu, Tunjuk-Sunantaya dan Meliling Kerambitan. Jalan yang menghubungkan antara Tunjuk-Sunantaya ini lokasinya ada di utara jalan yang menghubungkan antara Desa Buahan-Desa Tunjuk. Sehingga ia merasa heran mengapa jalan Desa Buahan yang menghubungkan ke Desa Tunjuk tidak mendapat prioritas perbaikan.

“Saya heran, mengapa justru jalan yang menghubungkan antara Desa Tunjuk dengan Desa Sunantaya yang posisinya di utara desa kami rencananya diperbaiki tahun ini. Sedangkan desa kami tidak mendapat perencanaan perbaikan jalan,” ungkapnya. “Apa karena kami tidak memiliki “bapak” yang duduk dipemerintahan Tabanan,” imbuhnya.

Sutiawan kemudian menyebutkan, jalan yang rusak di Desa Buahan ini panjangnya mencapai 1,2 kilometer. Ditambah lagi dari batas Desa Buahan ke utara menuju batas selatan Desa Tunjuk sepanjang kurang lebih setengah kilometer. Ia juga menyebutkan, pada akhir bulan Pebruari kemarin memang sempat beberapa jalan yang berlubang diurug oleh beberapa buruh yang tidak diketahuinya dari pihak mana dengan material kerikil. Namun, pengurugan dengan material kerikil ini justru membuat jalanan bertambah sulit dilalui karena menyebabkan kendaraan, terutama kendaraan roda dua mudah tergelincir.

Sutiawan kemudian berharap, apabila yang melakukan pengurugan tersebut dari pihak instansi pemerintah di Tabanan agar tidak terhenti hanya pada pengurugan tersebut. Ia berharap adanya perbaikan hingga kondisi jalan kembali mulus. Sehingga kondisi lalu lintas yang menghubungkan berbagai desa di utara desanya ini untuk menuju ke kota Tabanan menjadi lancar. (SB-DN)


Oleh : buahan | 31 Oktober 2015 | Dibaca : 767 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :