Potensi Desa

28 Juni 2018 19:42:30 Administrator Berita Desa

Desa Susut kaya akan potensi desa, baik potensi sumber daya alam maupun potensi sumber daya manusia. Berikut kami sajikan potensi Desa Susut :

A.  POTENSI SUMBER DAYA ALAM

 

B.  POTENSI SUMBER DAYA MANUSIA

Desa Susut memiliki banyak UMKM yang bergerak pada bidang kesenian baik seni ukir, seni patung dari pasir, anyam, perak, alat musik dan barang hias lainnya. Beberapa contoh dari potensi Desa Susut adalah sebagai berikut :

KERAJINAN UKIR PASIR HITAM/PASIR MELELO

Salah satu banjar di Desa Susut yaitu Banjar Susut Kelod terkenal akan kerajinan pasir melelo yang dicampur dengan semen. Produk seni yang dihasilkan bervariasi antara lain hiasan pelinggih, patung dan hiasan rumah dengan gaya bali. Hasil kerajinan ini telah dipasarkan ke beberapa daerah di Bali.

KERAJINAN ANYAMAN (KEBEN)

Keben, atau Sok Asi, merupakan sarana upacara adat Bali, yang terbuat dari anyaman bambu, Beberapa masyarakat di Desa Susut menggeluti kerajinan ini, tersebar di dusun Susut Kelod dan JuwukBali dimana keben yang dihasilkan dijual dengan harga berkisar antara 15.000 sampai 60.000 rupiah.

KERAJINAN ALAT MUSIK

Desa Susut juga memiliki UMKM yang bergerak dalam memproduksi alat musik. UMKM yang bergerak dibawah merek Hand Pan ini telah memasarkan produknya hingga pasar internasional seperti Australia, Amerika dan beberapa negara di Eropa.

KERAJINAN UKIR KAYU

Seni ukir kayu juga menjadi salah satu potensi dari masyarakat Desa Susut. Beberapa orang di Desa Susut menawarkan jasa ukir kayu untuk hiasan rumah maupun tiang penyangga

KERAJINAN DULANG DENGAN DAUR ULANG KACA

Merupakan Kerajinan mempercantik Dulang, dengan hiasan kaca yang dipotong kecil-kecil, kemudian disusun dan direkatkan pada Dulang, Sehingga menghasilkan kerajian yang menarik dan indah.
Dengan bahan baku Dulang polos dan kaca, Kerajinan ini dijual dengan harga berkisar antara 60.000 – 100.000 rupiah.

KERAJINAN SENI UKIR SANGGAH/PELINGGIH

Seni Ukir memang tidak pernah lepas dari adat dan kebudayaan Bali, begitu pula usaha yang ditekuni warga dari desa Susut. Ukiran yang diproduksi yaitu untuk prasarana upaca adat Bali, seperti pembuatan Sanggah Kemulan, dan tak jarang juga menerima pembuatan bale.
Sistem pengerjaan berdasarkan order, dengan kisaran harga 4 juta sampai 25 juta rupiah.

KERAJINAN LUKISAN

Lukisan-lukisan hasil karya pelukis dari desa Susut, Tak kalah menarik dan indah, Terbukti dengan pemasaran lukisannya telah sampai pada ubud, sukawati, dan tanah lot.

KERAJINAN PERAK

Kerajinan Perak di Desa Susut, terpusat di dusun Pukuh, dimana Kerjinan Perak yang dihasilkan berupa perrhiasan dan perlengkapan rias Bali untuk upacara-upacara adat.
Dengan sistem order, perhiasan-perhiasan perak dijual dengan kisarn harga 500.000 sampai 8.000.000 rupiah.

 

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini. Gunakan bahasa yang santun dan komentar baru terbit setelah disetujui Admin.

CAPTCHA Image
[ Ganti Gambar ]
Isikan kode di gambar

Peta Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Aparatur Desa

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Facebook

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung