Artikel

Pelaksanaan Vaksinasi Rabies pada Hewan Peliharaan Terutama Hewan Anjing

24 Maret 2022 12:35:17  Administrator  1.292 Kali Dibaca  Berita Desa

Pengertian Rabies

Kata rabies berasal dari bahasa Sansekerta kuno rabhas yang artinya melakukan kekerasan/kejahatan. Dalam bahasa Yunani, rabies disebut Lyssa atau Lytaa yang artinya kegilaan. Dalam bahasa Jerman, rabies disebut tollwut yang berasal dari bahasa Indojerman Dhvar yang artinya merusak dan wut yang artinya marah. Dalam bahasa Prancis, rabies disebut rage berasal dari kata benda robere yang artinya menjadi gila. Rabies adalah penyakit zoonosis (penyakit yang ditularkan ke manusia dari hewan) yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini menginfeksi hewan domestik dan liar, yang menyebar kepada manusia melalui kontak dekat dengan air liur yang terinfeksi melalui gigitan atau cakaran.

Pengertian Vaksin Rabies

Vaksin rabies adalah vaksin yang digunakan untuk mencegah rabies. Vaksin ini diberikan pada hewan ataupun individu yang memiliki risiko terkena penyakit ini. Namun meskipun sudah diberikan vaksin, seseorang yang digigit atau dicakar oleh hewan yang kemungkinan menderita rabies, tetap harus mendapatkan penanganan medis.

Selain penting untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan , pemberian vaksin anti rabies pada hewan akan memberikan perlindungan pada manusia dari dampak gigitan hewan rabies. suntikan anti rabies pada hewan juga bisa mencegah resiko kematian hingga 100 % pada manusia. 

Kegiatan vaksinasi rabies ini dilaksanakan terus menerus setiap tahunnya di Desa Buahan dengan mengunjungi setiap pemelihara hewan kesayangan seperti kucing dan anjing dimana program ini dapat mengantisipasi serangan rabies pada manusia.

Hewan yang berpotensi terserang rabies sebaiknya diberikan suntikan vaksin segera setelah lahir, hal ini dikarenakan virus rabies bisa segera menyerang tanpa memandang umur hewan.  Dalam kurun waktu 14 hari setelah suntikan , sebaiknya jangan biarkan anjing atau kucing keluar rumah, hal ini dikarenakan antibody belum tersedia dalam jumlah cukup untuk membentengi hewan dari serangan rabies. hewan peliharaan juga sebaiknya tidak dimandikan selama 2 minggu pertama pasca suntikan vaksin.

PERLUNYA VAKSIN PADA HEWAN PELIHARAAN

“Mengapa vaksin dibutuhkan?”

Seperti pepatah mengatakan, “Lebih baik mencegah daripada mengobati”. Vaksinasi dapat mencegah terjadinya tingkat kesakitan dan kematian yang tinggi pada hewan kesayangan akibat terserang infeksi penyakit virus mapun bakteri. Anjing dan kucing yang telah divaksin lebih kuat sistem imunnya dibanding yang belum divaksin karena telah terbentuk antibodi spesifik terhadap penyakit-penyakit yang terdapat dalam vaksin.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Peta Wilayah Desa

 Agenda

Belum ada agenda

 Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

 Statistik

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Buahan, Desa Buahan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli
Desa : Buahan
Kecamatan : Kintamani
Kabupaten : Bangli
Kodepos : 80652
Telepon : 087881602723
Email : pemdesbuahankin@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:211
    Kemarin:296
    Total Pengunjung:4.823
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.222.149.13
    Browser:Tidak ditemukan