Artikel

Babinsa

20 Februari 2023 09:56:06  Administrator  1.215 Kali Dibaca 

A. Pengertian Babinsa

Babinsa Mendampingi Masyarakat dalam Kegiatan Gotong Royong

Babinsa adalah singkatan dari Bintara Pembina Desa TNI AD merupakan salah satu satuan teritorial di tubuh TNI AD.

Satuan teritorial ini berada di tingkatan paling bawah dan berhadapan langsung dengan masyarakat. Babinsa berada di bawah Komando Rayon Militer dan menjadi bagian dari Komando Distrik Militer dan Komando Resor Militer yang menginduk pada Komando Daerah Militer. Seorang Babinsa memiliki wilayah operasi yang bervariasi luasnya, bisa hanya satu desa atau lebih dari beberapa desa. Seorang Babinsa juga diasisteni oleh seorang Tamtama TNI AD sesuai dengan keperluan dan kondisi tempat tersebut. Babinsa dimulai pada era Presiden Sukarno saat Angkatan Darat dipimpin oleh Menteri/Panglima Angkatan Darat (Menpangad) Letnan Jenderal Ahmad Yani. Pada mulanya, Babinsa disebut sebagai Bintara Pembina. Babinsa membinta Pertahanan Sipil (Hansip) di desa-desa. Oleh karena itu, Babinsa terlihat menjadi salah satu alat politik yang penting pada masanya, terutama pada pemilu-pemilu di era Orde Baru.

B. Fungsi dan Tugas Pokok Babinsa

a. Fungsi Babinsa

1. Babinsa merupakan pelaksana Dan Ramil dan melaksanakan fungsi pembinaan yang bertugas pokok melatih rakyat, memberikan penyuluhan di bidang Hankam, dan pengawasan fasilitas dan prasarana Hankan di pedesaan.

2. Babinsa merupakan pelaksana Dan Ramil dalam pelaksanaan Pembinaan Teritorial (BINTER) yang berhubungan dengan perencanaan, penyusunan, pengembangan, pengerahan, serta pengendalian potensi wilayah dengan segenap unsur geografi, demografi, serta kondisi sosial untuk dijadikan sebagai ruang, alat, dan kondisi juang untuk kepentingan Hankam Negara.

b. Tugas Pokok Babinsa

1. Melatih satuan perlawanan rakyat

2. Memimpin perlawanan rakyat di pedesaan

3. Memberikan penyuluhan kesadaran bela negara

4. Memberikan penyuluhan pembangunan masyarakat desa di bidang Hankamneg

5. Melakukan pengawasan fasilitas atau prasarana Hankam di pedessaan atau kelurahan

6. Memberikan laporan tentang kondisi sosial di pedesaan secara berkala.

Babinsa Menyerahkan BLT Kepada Warga Lansia

c. Kemampuan yang harus Dimiliki Babinsa

1. Kemampuan Intelijen Teritorial Kemampuan ini berguna untuk melakukan penginderaan terhadap lingkungan hidup agar dapat mengetahui setiap perubahan dan perkembangan dalam kehidupan dan perkembangan masyarakat.

2. Kemampuan Pembinaan Wilayah Kemampuan ini berguna untuk mengikuti perkembangan dalam kehidupan masyarakat terutama dalam bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, agama, dan psikologi.

3. Kemampuan Pengawasan Wilayah Kemampuan ini berfungsi untuk mengenal secara mendalam semua ciri-ciri aspek geogradi, demografi, dan kondisi sosial dalam dinamika kehidupan masyarakat.

4. Kemampuan Pembinaan Rakyat Terlatih Kemampuan ini berfungsi untuk membina rakyat terlatih sebagai sebuah upaya bela negara dalam rangka pelaksanaan Sishamkamrata.

5. Kemampuan sebagai Inovator Pembangunan Kemampuan ini berfungsi untuk menerjemahkan program pembangunan daerah dengan bahasa yang sederhana untuk menggugah keikutsertaan dan minat masyarakat dalam bidang pembangunan.

Babinsa dan bhabinkamtibmas menghadiri Undangan Rapat Dari Pemdes Buahan

source : https://tirto.id/tugas-babinsa-wewenang-fungsi-kemampuan-yang-harus-dimiliki-gyAK

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Peta Wilayah Desa

 Agenda

Belum ada agenda

 Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

 Statistik

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Buahan, Desa Buahan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli
Desa : Buahan
Kecamatan : Kintamani
Kabupaten : Bangli
Kodepos : 80652
Telepon : 087881602723
Email : pemdesbuahankin@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:7
    Kemarin:456
    Total Pengunjung:35.912
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.222.64.76
    Browser:Tidak ditemukan