Artikel

Sosialisasi Pemilahan Sampah Berbasis Sumber Desa Buahan Tahun 2022

25 Februari 2022 11:37:39  Administrator  82 Kali Dibaca  Berita Desa

Buahan, 22 Pebruari 2022 Pemerintah Desa Buahan bersinergi dengan semua banjar - banjar yang ada di Desa buahan melaksanakan sosialisasi Peraturan Gubernur Bali No 47 Tahun 2019 tentang Pengelolaan sampah berbasis sumber di Desa Buahan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli.

Sampah ialah suatu bahan yang terbuang ataupun dibuang; merupakan hasil aktivitas manusia maupun alam yang sudah tidak digunakan lagi karena sudah diambi lunsur atau fungsi utamanya. Setiap aktivitas manusia sehari-hari pasti menghasilkan buangan atau sampah.

Pemerintah Provinsi Bali cukup produktif dalam menghasilkan aturan berkaitan dengan pengelolaan sampah. Keputusan Gubernur Bali Nomor 381/03-P/HK/2021 dan Instruksi Gubernur Nomor 8324 Tahun 2021 merupakan tindak lanjut dari Peraturan Gubernur Bali Nomor 47 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber. Peraturan tersebut mengerucutkan strategi pengelolaan sampah menurut Kebijakan dan Strategi Daerah dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga dalam Pergub no. 95 tahun 2018. Usaha pengurangan sampah juga diatur dalam Pergub no. 97 tahun 2019 tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai. Perlindungan lingkungan dengan cara mengurangi potensi pembuangan sampah liar juga ditegaskan melalui Pergub no. 24 tahun 2020 tentang Perlindungan Danau, Mata Air, Sungai dan Laut.

sosialisasi dilakukan dilakukan melalui masing - masing banjar , 22 pebruari 2022 sosialisasi dimulai dari banjar Munduk waru Desa Buahan yang dihadiri langsung oleh Bapak Perbekel , Bapak Bendesa Adat Buahan, Bapak KBD Munduk Waru, Kelihan Banjar, serta dari BUMDES selaku narasumber dan dimonitoring oleh Bapak Babinsa dan Bapak Bhabinkamtibmas.

Tujuan dari sosialisasi Pemilahan Sampah Berbasis sumber ini adalah memilah dan memilih sampah terutama sampah plastik yang dimana sampah plastik tersebut dikumpulkan untuk dijual dengan sembako yang telah disediakan di BUMDES. Sampah plastik yang dijual tersebut telah bekerjasama dengan perusahaan bank sampah. Adapun pengelompokkan jenis bahan gelondongan untuk siap pengacahan, antara lain ( ada pada gambar di bawah ).

masyarakat diminta untuk mengumpulkan sampah sesuai dengan kelompok dan jenisnya. Khusus sampah plastik yang hanya bisa dihasilkan dengan uang dan ditukarkan sembako di BUMDES tiap 6 bulan sekali melalui buku tabungan yang dimiliki masing - masing warga tersebut.

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


HUBUNGI KAMI

Hubungi Kami

Hubungi Kami

Peta Desa

Aparatur Desa

Back Next

Agenda

Belum ada agenda

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Buahan, Desa Buahan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli
Desa : Buahan
Kecamatan : Kintamani
Kabupaten : Bangli
Kodepos : 80652
Telepon : 087881602723
Email : pemdesbuahankin@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:172
    Kemarin:174
    Total Pengunjung:126.495
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:100.24.115.215
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel